Monday, October 10, 2005

whoaaa... i'm a spranooo...

tadi abis ambil KTM di gedung pusat, mbul, ratri, raras, dita, desi, wulan ke gelanggang buat ikut tes Paduan Suara Mahasiswa UGM. sampe disana ketemu sama betta, citra, ima and umong. trus daftar ulang deh bareng2. yang ikut tes jadi penyanyi cuma mbul, ratri, raras ma betta. lainnya pada daftar jadi Production Crue.. trus abis daftar ulang, kita langsung diajak ke atas, buat tes. tes pertama itu notasi and beat, aduuuh... tuluuung... aku ga dong teori2annya... T_T bangsa cresendo, decresendo, accelerado, M.M = 120, hwah apalagi dah istilah2 itu aku bener2 butaaa.. yang aku bisa cuman 1 = C sama 1 = G, hehehe... semua juga tau kalo itu.. abis tu ada baca notasi angka. aduuuh lagiii... mbul ga bisa loncat2nya.. mbungkin bacanya rodo dong, tapi loncat2nya, nanti2 dulu yeee.. begini deh, kalo doyan nyanyi tapi buta teorinya. bisanya cuman ngikutin nada, ngikutin lagu yang udah jadi. tapi ya gapapa lah, setidaknya kan bisa nyanyi.. suaraku lumayan lah, ga bagus2 amat, yang penting aku pede aja.. hehehe *narsis!!!* and about the beat? masasiy sebelumnya sama mas ibe, udah sabar banget sama aku, anak yang nyolot ini.. jatahnya dia kan cuman ngetes aku, tapi selalu tak paksa2 buat kasiy aku contoh duluan sebelum aku mulai, hahaha... not balok? lumayan lah.. untung soalnya juga cuman dikit.. lalu beranjak ke tes kedua, namanya ambitus. itu buat nyari range nada kita. dibantu pake keyboard, do re mi fa sol la si dooo... habis itu suara perut ga kuat, langsung disuruh ganti suara kepala, eee ternyata kok malah sampe ke do berikutnya, hehehe.. abis tu do ke bawah, cuman bisa sampe mi aja. trus tulisan di kertas itu "E - b' " atau "E - b1" aku gatau gimana yang bener, abis tulisannya ga jelas sih. tapi yang aku jadi tau, suaraku itu beneran sopran. dulu, waktu lomba nyanyi SMP, guruku pernah bilang kalo suaraku tu sopran, tapi aku masih ga yakin, soalnya menurutku suaraku tu ga tinggi2 banget. suara perut loh maksudnya. teknik falset juga ga keren2 banget, biasa aja. tapi emang kalo langsung nyanyi pake suara kepala, tingginya bisa sampe kurang lebih 3 oktaf. terbukti waktu aku nyanyi pake music instrumentalnya cenoma music, bisa nyaingin suara biolanya dito yang melengking2 itu. pas ketemu ratri sama betta, tenyata suara mereka alto semua, huhuhu aku kok dhewean le sopran. kalo raras tu kayaknya alto banget. trus tes yang ketiga, tes wawancara. yang ngewawancara namanya mbak sukma, ternyata anak psikologi juga, tapi angkatan 2001. ditanyain macem2, yah biasalah wawancara. dan itu menyenangkan, setidaknya aku bisa bener2 berusaha meyakinkan si mbaknya kalo aku tu benar2 ecxited sama dunia nyanyi. trus aku jalan lagi buat tes keempat, yaitu tes solfes sama tes vokal. tes solfes itu, tes kuping kita terhadap nada. jadi ada yang mainin piano, trus nanti kita disuruh ngikutin nadanya. ga gampang ternyata, dari lima nada yang diurutin, ada 2 yang aku susah ngikutinnya. lha mirip2 jhe.. tapi ya gapapa, abis tu langsung masuk ke tes vokal. aku suka ini, soalnya aku disuruh nyanyi, hehehe... naik di atas kursi panjang, madep ke mas2 yang ngetes, waow... aku suka!!! ada 4 lagu nasional yang disediain, aku milih lagu Syukur, paling gampang siy. trus nyanyi diiringin piano. ternyata nadanya tu disesuaikan sama hasil ambitus tadi, jadinya rada ditinggiin deh. waahh.. denger intronya aja dah deg2an. tapi untungnya begitu mulai nyanyi aku bisa rada tenang, untungnya ada suara piano, jadinya nadaku juga bisa duduk pas di tempatnya. kerasa beda, waktu masuk reffrain. karna nada dasarnya E, pas reff tu makin tinggi banget, ga kuat kalo pake suara perut. jadi langsung falset ke suara kepala aja. wuihh.. serasa penyanyi seriosa bowz!!! hehehe... sempet ditanyain, "sebelomnya pernah ikut paduan suara mana?" walah lah... paduan suara asal moeni, hahaha... tapi... dibalik itu semua, aku malah pesimis.. masalahnya hasil tes2 itu menurutku njomplang.. yeah, pasrah ajalah.. diterima ya syukur, ga diterima juga gapapa, nyoba lagi nanti.. tapi yang jelas, nobody can stop me singing.. yeah3.. i love my voice very much.. nggak peduli orang2 mo kate ape, yang jelas suaraku sudah cukup bagus buatku, hehehe *narsis!!!*
wish me luck ya..!!!

1 comment:

Anonymous said...

mbaaak, tes wawancaranya gimana sih? apa aja yang ditanyain? trus mbak jawab gimana? ada tips khusus ga? heheh :3 makasih :)